Senin, 15 Juni 2015

Buku Indah dan Antik Ini Bernilai Rp 15,5 Miliar

Buku itu sangat indah sekali. Pada halaman demi halamannya berhias lukisan dan ornamen yang beraneka warna. 
 

Buku yang tertulis dalam bahasa Latin ini berisi berbagai gambar mengenai kehidupan sehari-hari, pemandangan, gambar santa, dan lainnya. 

 
Karena begitu bagusnya lukisan-lukisan yang dibuat dengan tekhnik khusus itu menjadikan buku itu tampak bersinar.


Tak hanya itu saja, buku doa Rothschild Prayer Book ini berharga 15,5 juta dollar atau sekitar Rp 15,5 miliar. Buku yang menggambarkan karya seni dari zaman Renaissance ini dibeli dalam lelang tahun lalu di New York oleh pengusaha Australia, Kerry Stokes.


Buku ini akan dipamerkan untuk kali pertamanya di Perpustakaan Nasional Australia di Canberra mulai 22 Mei hingga 9 Agustus 2015. 


Ada banyak kisah menarik tentang buku itu.  Buku ini dicetak pada tahun 1505 atas permintaan anggota keluarga Kerajaan Belanda. Pada awalnya buku ini tidak diketahui keberadaannya selama 300 tahun sebelum kemudian dibeli keluarga pemilik bank terkenal Rothschild. 


Pada tahun 1938, buku ini dilaporkan dijarah oleh tentara Nazi Jerman dan disembunyikan di sebuah pertambangan garam di Austria selama 50 tahun.


Kurator pameran buku langka itu yaitu Susannah Helman mengatakan bahwa buku ini adalah salah satu manuskrip paling indah di dunia."Bagus sekali, bukunya bersinar di tiap halaman. Yang jelas ini dipesan oleh seseorang yang sangat kaya, seseorang yang memiliki selera seni yang tinggi," kata Susannah.



Manuskrip yang ditulis dalam bahasa Latin itu dibuat di Bruges dan Ghent, Belgia. Tetapi, menurut Susannah, tidak jelas siapa yang memiliki manuskrip itu pada awalnya.



"Kami tidak mengetahui banyak tentang sejarah awal dan siapa yang memesan buku tersebut untuk dibuat," katanya."Namun, yang kami ketahui bahwa buku ini muncul dalam katalog pada tahun 1872 sebagai milik Baron Anselm Rothschild, yang menjadi pendiri cabang bank Rothschild di Austria," tambah dia.





 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar