Sabtu, 20 Juni 2015

Robot Yang Meniru Gerakan Pendekar Samurai

Aksi pendekar samurai dengan gerakan pedang Katananya memang sangat mengagumkan dalam hal kecepatan dan ketepatannya. Tetapi bagaimana jika aksi pendekar Samurai itu dilakukan oleh mesin robot?



Adalah robot yang diberi nama Motoman-MH24 yang meniru gerakan Isao Machii, pendekar Samurai yang terkenal di Jepang dan telah lima kali memenangkan seni iaijyutsu atau teknik meng­gunakan pe­dang katana.


Robot ini dibuat oleh Yaskawa Electric Corporation dalam Yaskawa Bushido Project.Perusahaan itu merupakan produsen mesin robot untuk industri.



Dalam kegiatan itu, robot Motoman-MH24 ini robot ini terlebih dahulu diajari oleh Isao Machii. 


Menggunakan pakaian dengan sensor gerak, setiap gerakan Isao direkam dengan software robot dan ditransfer ke robot.


Isao Machii dan robot Motoman-MH24 kemudian dipertemukan dalam satu arena  dalam posisi bersebelahan. 


Isao Machii kemudian melakukan gerakan-gerakan sederhana seperti gerakan memotong diagonal, diagonal hingga memotong secara perlahan.


Setiap gerakan itu dilakukan secara bergantian antara sang pendekar dan robot yang ternyata bisa melakukan gerakan menirunya itu secara tepat dan akurat.



Bahkan Robot Motoman-MH24 juga bisa memotong tepat di bagian tengah secara beruntun pada beberapa buah jeruk yang ditata berderet .Begitu pula dia sukses memotong tepat di bagian tengah pada sebuah kacang polong.



Kemampuan hebat robot Motoman-MH24 itu tentu sangat mengagumkan dan semakin melengkapi kemampuannya yang lainnya seperti  memasak dan dan menjuarai lomba tenis meja.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar