Jumat, 12 Juni 2015

Komputer Langka Senilai Rp 2,6 Miliar Ini Dibuang Pemiliknya


Pusat daur ulang Clean Bay Areadi San Fransisco - Amerika Serikat sedang mencari informasi tentang sosok wanita yang membuang komputer Apple I yang langka.


Komputer itu dirancang dan dibuat oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs tersebut adalah produk pertama perusahaan komputer Apple dan hanya diproduksi sebanyak 200 unit saja.. Mesin dengan memory 4kB itu dijual pada bulan Juli 1976 seharga US$666,66 atau Rp8,8 juta.


Melalui blognya, Clean Bay Area menyatakan wanita misterius itu memberikan kotak barang elektronik pada akhir bulan April.Dia dilaporkan berumur antara 60-70 tahun, mengendarai kendaraan serba guna SUV dan meninggalkan kotak di pusat daur ulang Milpitas.

Saat itu, mereka menemukan barang antik tersebut di sebuah kotak yang berisikan peralatan listrik yang dibawa oleh seorang nenek berusia 60 tahun.  Diduga, barang antik tersebut merupakan salah satu peninggalan mendiang suaminya yang sudah tersimpan bertahun-tahun di dalam garasi. Kemungkinan besar saat membuang komputer antik tersebut, Nenek ini tidak mengetahui jika barang yang dibuang merupakan Apple I berharga miliaran rupiah.



Perusahaan mengetahui nilai komputer langka itu dan menjual ke kolektor pribadi senilai US$200.000 atau Rp2,6 miliar. Pusat daur ulang Clean Bay Area kemudian melakukan kampanye lewat internet dan media, untuk mencari wanita itu karena dia berhak mendapatkan setengah dana yang didapat dari penjualan mesin tersebut.

Mereka juga membuat video pendek yang meminta orang untuk berbagi rekaman itu jika mereka menemukannya.
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar