Kamis, 23 Juli 2015

Christina Zenato, Menyelam Bersama Hiu

Bagi banyak orang, hiu merupakan satwa yang sangat menakutkan. Deretan giginya yang tajam seakan sudah menunjukkan bagaimana berbahayanya jika berhadapan dengan hiu.



Tetapi tidak demikian halnya dengan Christina Zenato dari Kongo - Afrika. Wanita ini justru menyelam dengan banyak hiu , memegangnya dan bahkan membuka mulutnya. Sebuah keberanian yang benar-benar hebat dan luar biasa bagi seorang wanita.



Lahir di Italia, Cristina Zenato tumbuh dan berkembang di hutan hujan Kongo Afrika yang  mengembangkan gairah untuk di luar ruangan. Datang dari " keluarga laut" , Cristina mencintai air pada usia yang sangat muda dan dia berangkat ke Bahama untuk belajar menyelam. Dia menjadikan Bahama sebagai rumahnya dan menyelam hidupnya.



Mengawali sebagai seorang Scuba Instructor, dia meningkat menjadi  profesional scuba diving. Dia juga menjadi manajer operasi menyelam,  mengajar rekreasi, dan kursus teknis bersama hiu. Mandat yang dia terima adalah sebagai
PADI Course Director, NSS-CDS Full Cave Instructor, and TDI Extended Range and Advanced Nitrox with Decompression Procedures Instructor.


 
Cristina terkenal di dunia dalam bekerja sama dengan hiu di alam liar. Dia dikatakan memiliki bakat alami dengan hiu. Beberapa orang mengatakan dia berbicara bahasa keenam yang dikenal sebagai "Shark". Berlatih teknik khusus, ia adalah wanita pertama di dunia yang  telah mendorong keadaan relaksasi ( Tonic Imobilitas ) di Karibia Reef Hiu melalui sentuhan lembut. Ini menjadikan  hiu seperti jatuh tepat tertidur di pangkuannya.

 

Kemampuannya untuk bekerja dengan beberapa jenis hiu dengan cara ini telah memungkinkan dia untuk belajar hiu dari dekat tanpa menyebabkan hewan menjadi stress. Bahkan hiu di rumahnya di Bahama hampir tampaknya tahu dia sangat lembut dan hangat dengan sentuhannya.  




Pada penyelaman khusus, di bawah pengawasannya, tamu didorong untuk merasakan kulit hiu. Hal ini pada gilirannya memberikan kesempatan pada penyelam kesempatan dan menghapus setiap kesalahpahaman atau prasangka mereka tentang perilaku hiu. 


 
Dia juga membantu para ilmuwan mengumpulkan data untuk mendukung penelitian. Cristina telah mengembangkan
Caribbean Reef Shark Awareness Distinctive Specialty dan merupakan penggagas kampanye yang memberikan perlindungan lengkap untuk semua spesies hiu di seluruh Bahama.




Dia pertama kali belajar  memberi makan hiu dari mentornya, Ben Rose yang legendaris. Dari sana Cristina melanjutkan untuk berpartisipasi dalam penelitian hiu di seluruh dunia. Dia melakukan perjalanan dan bertemu ilmuwan, penjinak dan ahli perilaku di Bahama, Afrika Selatan, Fiji, Rhode Island, California, Florida, North Carolina, Cina dan Meksiko.


Tentu, semua bakatnya menarik perhatian pembuat film, dokumenter dan produser TV di seluruh dunia. Dia telah tampil di BBC, Discovery, Nat Geo, ABC dan program ilmu pengetahuan dan alam di seluruh Eropa, Asia dan Amerika Serikat.Dia telah menjadi daya tarik utama majalah menyelam dan non menyelam di berbagai negara


Cristina mencintai dan mendukung karya beberapa organisasi non-profit dan proyek.Dia adalah anggota aktif dari Bahamas National Trust, sebuah host dan sponsor dari Our World Underwater Scholarship Society, the Women Divers Hall of Fame scholarship program dan menddedikasikan untuk pendidikan siswa lokal di Bahama.

Cristina adalah anggota dari Women Divers Hall of Fame, The Explorers Club,
Oceans Artists Society dan penerima Platinum Pro Penghargaan 5000 dari Sekolah Scuba International.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar