Sabtu, 18 Juli 2015

Inilah Mumi Bocah Masa 900 Tahun Yang Lalu

Mumi bocah laki-laki anak prajurit yang berusia sekitar enam atau tujuh tahun diduga berasal dari masa  peradaban di tepi Arktik yang memiliki hubungan dengan Persia sekitar 900 tahun yang lalu .


Mumi anak prajurit dari abad 12 atau 13 itu berasal dari makam Zeleny Yar, Siberia Utara. Dia  dimakamkan dengan kapak perunggu, alat 'tajam' atau senjata yang sejauh ini tak dikenal oleh para ahli dan liontin logam dalam bentuk beruang.



Selama dua hari terakhir, para arkeolog di Salakhard telah melakukan scan MRI pada sisa-sisa yang telah diawetkan dalam kepompong pelat tembaga yang terbungkus dalam kulit pohon birch dan dimakamkan di tanah permafrost.



Alexander Gusev, peneliti di Pusat Studi Arktik mengatakan "Kami kira itu anak laki-laki karena kami telah menemukan kapak perunggu kecil dengan tubuh, dan beberapa alat tajam yang kita belum  bisa mengidentifikasi .


 "Tubuh dibungkus dalam dua lapisan bulu, satu lapisan adalah bulu untuk rusa menyembunyikan dengan rambut yang panjang dan kaku."Lapisan lainnya lebih lembut dan kita akan dapat mengatakan lebih jelas bulu hewan itapa u setelah analisis di Ekaterinburg."
 

Arkeolog mengatakan, tubuh ditutupi dengan tembaga atau lempengan perunggu di wajah, dada, perut, pangkal paha - dan terikat dengan tali kulit.Selain itu juga terdapat cincin dan liontin perunggu dalam bentuk beruang. 

 

Arkeolog Natalia Fyodorova mengatakan anak itu dimakamkan di "kayu struktur oval" menyerupai piring yang tidak digunakan dalam penguburan lainnya di pekuburan. Anak itu dikelilingi oleh lempengan tembaga yang khas untuk metode penguburan laki-laki dari kelompok ini - dan tertutup lapisan kedua dari bulu.Setelah itu ditindih dengan kulit pohon dan kemudian semua dibungkus kulit.  



Dia mengatakan penguburan itu "berbeda" dari makam anak-anak lain di situs itu yang dikuburkan dalam sarkofagus kayu, tetapi di sini kita beberapa beberapa konstruksi kayu oval. Perbedaan lain adalah bahwa di sini kita bisa melihat banyak hal dikuburkan dengan anak ini seperti  kapak, liontin dan cincin perunggu.

 
Ini adalah mumi pertama dari peradaban ditemukan di situs ini yang menarik sejak tahun 2002. Sebelumnya, arkeolog menemukan 34 kuburan dangkal di situs abad pertengahan, termasuk 11 badan dengan tengkorak hancur atau hilang, dan kerangka hancur. 

Lima mumi yang ditemukan diselimuti tembaga dengan lapisan bulu  rusa, berang-berang, wolverine atau beruang.
 
Untuk alasan yang tidak diketahui, tidak ada mumi wanita dewasa yang  ditemukan di situs tersebut.Didekatnya ditemukan tiga mumi bayi dengan topeng tembaga yang semuanya laki-laki.





Dr Fyodorova dari Ural branch of the Russian Academy of Sciences mengatakan itu adalah "sebuah situs arkeologi yang unik".
Pada tahun 2002, arkeolog telah dipaksa untuk menghentikan pekerjaan di situs itu karena keberatan oleh penduduk setempat.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar